"Mendadak Caleg", Ironi Calon Wakil Rakyat

Film Mendadak Caleg bertutur tentang perjalanan seorang calon anggota DPRD DKI Jakarta bernama Suratmi Sukanta, SE dalam upayanya mencapai kursi parlemen. Sejatinya Ratna, demikian ia biasa dipanggil, adalah ibu rumah tangga, mahasiswa Magister Manajemen di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta, dan konsultan di perusahaan di perusahaan konsultan teknik.

Film dibuka dengan adegan kesibukan warga Krendang Tengah, Kecamatan Tambora, Jakbar, yang tengah memancang atribut partai. Di sebuah rumah, Ratna bercengkerama dengan ibunya yang tengah sakit. Lantas, adegan berlanjut pada kegiatan blusukan sang Caleg ke sejumlah lokasi kumuh di kawasan Tambora.

Kesemarakan peristiwa politik terlihat dari kampung-kampung di pinggiran Jakarta ini. Sang Caleg juga tidak canggung untuk berbicara, bercengkerama, dan menawarkan konsep politiknya kepada warga yang didatanginya.

Di tengah perjuangan yang melelahkan itu, Ratna kehilangan ibunda tercinta. Untuk sesaat ia goyah, bahkan sempat histeris, saat mendapati jasad kaku sang ibunda. Tidak berhenti sampai di situ, ia juga mendapati relawan yang berkhianat, broker politik yang menggembosi kantong-kantong suara, dan juga kekuatan fisik yang rapuh.

Tapi aksi politik itu terus berlanjut. Ratna terus bergerak dan menyampaikan gagasan-gagasan politiknya ke pelbagai lokasi, hingga Hari H tiba. Bagaimana hasil perjuangan sang Caleg?

Premis yang diusung film ini adalah perjuangan seorang caleg di antara karut-marut Pemilu 2014. Dua konsep kunci film ini adalah perjuangan sang caleg dan karut-marut pemilu. Di antara konsep kunci tersebut, film ini juga akan menampilkan sisi-sisi humanisme, seperti kekerabatan antara caleg dan keluarga, caleg dan relawan, hubungan di antara relawan, serta sisi-sisi drama yang melibatkan caleg dan seluruh peristiwa, seraya memperlihatkan keperkasaan sosok perempuan Indonesia—diam-diam muatan postfeminisme juga muncul dari seluruh adegan.

Mendadak Caleg adalah film dokumenter pertama yang diproduksi M-DOCS—komunitas film dokumenter yang dirintis oleh penulis, jurnalis, dan filmmaker syaiful HALIM bersama mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta. Mendadak Caleg disutradarai oleh Doddy Fitoyo Amrih—saat mulai diproduksi ia merupakan mahasiswa semester dua di kampus tersebut.


Selain itu, sejumlah awak M-DOCS juga dilibatkan, di antaranya: Terrizqo A. Sutansyah selaku penulis naskah, Johannes Sinaga selaku editor, dan sejumlah awak lain. Mereka adalah filmmaker pemula yang saat merancang produksi masih semester satu.[]

TIM PRODUKSI:
Producer Executive: Syaiful Halim & Ratna S. Halim
Produced by: Syaiful Halim
Directed by: Doddy FA
Script Writer: Terrizqo A. Sutansyah  
Cinematographer: Anjar Dewantara  
Edited by: Johanes Sinaga 
Production Designed by: Ferrizqo B. Sutansyah 
Music by: Harry Roesli 

Link terkait: Trailer mendadak CALEG.

1 komentar: