M-DOCS Siap Gelar "M-DOCS Festival"

Adanya kompetisi film bagi para filmmaker muda di Indonesia, menjadi kesempatan emas untuk memperkenalkan film-film karya mereka ke mata masyarakat luas, mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Namun, sulitnya mencari wadah untuk mereka mendapatkan apresiasi atas karya-karyanya tersebut, membuat banyak filmmaker muda yang mundur teratur untuk kembali berkarya. Maka hadirlah, M-DOCS Festival sebagai jawaban atas kesulitan tersebut.

M-DOCS Festival merupakan acara yang dibentuk dan dibangun oleh komunitas M-DOCS, yang sebelumnya sukses dengan screening akbar film pendek karya mereka [ Baca: M-DOCS Sukses Gelar FilmScreening "MISSION ONE : DREAM" ]. Acara M-DOCS Festival ini berupa Kompetisi Film Fiksi dan Film Dokumenter yang akan terbuka untuk umum dan diselenggarakan dalam waktu dekat ini. Menariknya, pengemasan dan konsep acara yang akan dibuat adalah hasil dari diskusi tim M-DOCS dengan Sofie Setyorini dari Goethe Institut, yang pada bulan Mei lalu telah sukses menyelenggarakan Kompetisi Film Internasional, Europe On Screen.

Selain itu, tim M-DOCS juga menghadirkan beberapa Filmmaker yang berpengalaman dan kompeten dibidangnya sebagai juri dalam kompetisi tersebut. Salah satu filmmaker yang akan didaulat menjadi Juri di M-DOCS Festival ialah Andi Bachtiar Yusuf, Sutradara Film Romeo & Juliet (2009) dan Hari Ini Pasti Menang (2013). Salah satu karya beliau yang menerima penghargaan adalah film The Conductors yang meraih penghargaan Special Mention Award di Pusan International Film Festival 2008 di Korea Selatan. Dan dengan judul yang sama, beliau juga meraih penghargaan sebagai Pemenang Kategori Film Dokumenter Terbaik pada Festival Film Indonesia di tahun 2008.

Sutradara yang akrab di panggil Ucup ini, sangat tertarik untuk ambil bagian dalam terselenggaranya Acara M-DOCS Festival kali ini. “Saya rasa, kita tinggal cocokan jadwal saja, dan untuk jadi juri tentunya saya tidak akan keberatan.” Kata Andi Bachtiar Yusuf kepada tim M-DOCS, Jumat (21/08).

Persiapan acara M-DOCS Festival ini sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu, dan tim M-DOCS sangat serius dalam setiap detail persiapannya, maka M-DOCS yakin, bahwa kompetisi film dalam M-DOCS Festival ini akan menjadi salah satu kompetisi bergengsi untuk diikuti para Filmmaker muda nantinya.[]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar