"Downtown", Finalis Equality Festival 2016 di Ukraina

Film Downtown karya Tasya Arsita Kahfi, berhasil menembus babak final Equality Festival 2016 di Ukraina. "Ini prestasi yang tidak disangka-sangka dan sangat membanggakan," jelas Manajer Distribusi dan Festival M-DOCS Arlin Nursophiana di Jakarta, Selasa (22/11).

Seperti dilaporkan laman M-DOCS, film Downtown memperlihatkan sisi lain kehidupan Kota Jakarta. Persisnya terkait keberadaan kaum transgender yang kerap dipanggil waria, wadam, atau bencong di kawasan Taman Lawang, Jakarta Pusat.

Faktanya, transgender di Taman Lawang adalah kaum urban yang mencari nafkah alias transgender palsu! Itulah sisi lain downtown di Metropolitan Jakarta.




Premis yang diusung film ini adalah “sisi lain transgender di Jakarta”. Ini menjadi menarik karena pertumbuhan jumlah kaum LGBT ini meningkat pesat, bahkan hingga mencapai 1650% dalam rentang delapan tahun. 

Tentang Equality Festival 2016, jelas Arlin, merupakan festival yang digelar sejak 2014 sebagai platform yang memperjuangkan isu kesetaraan. "Tujuannya adalah untuk memberikan ruang dan platform diskusi interaktif untuk identitas yang berbeda. Mereka membangun dialog sosial melalui seni sebagai salah satu metode yang paling efektif untuk memerangi prasangka terhadap kelompok sosial yang berbeda," tambahnya.[]


Info lainnya, kunjungi DOKUMENTASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar