M-DOCS Langsung Produksi "Mendadak Demokrasi"

Masa liburan paska ujian akhir semester menjadi titik awal produksi film dokumenter teranyar M-DOCS, Mendadak Demokrasi. Setelah memastikan tim produksi, Terrizqo AS dkk langsung tancap gas. 

"Januari ini akan kami manfaatkan untuk membreakdown ide besar agar lebih spesifik dan melakukan riset perpustakaan dan lapangan," jelas Terrizqo. "Selain itu, kami juga mempertajam kemampuan teknik, dengan membuat workshop di kawasan Taman Wisata Cibubur dan TMII."

Dijelaskan Terrizqo, tim produksi juga melibatkan founder M-DOCS Syaiful Halim sebagai produser eksekutif dan sutradara Mendadak Caleg Doddy FA sebagai produser senior. “Posisi produser ditempati oleh trisula: Adinda, Johannes, dan saya. Fatin menjadi manajer produksi dan periset, Arlin di posisi asisten produksi dan periset, Anjar kembali menjadi sinematografer, Ferrizqo menjadi perancang produksi dan periset, dan Johannes juga merangkap sebagai editor.”

Ditambahkan Adinda, produksi Mendadak Demokrasi ini merupakan komitmen M-DOCS sebagai komunitas film dokumenter dan tidak berorientasi pada bisnis. “Belajar dari keberhasilan Mendadak Caleg, bahwa membuat film dokumenter berkualitas itu butuh waktu. Maka, dua tahun bisa memproduksi satu film itu sudah bagus. Tapi kalau satu tahun bisa memproduksi satu film berkualitas tentu luar biasa,” katanya.

Film Mendadak Demokrasi bertutur tentang peristiwa politik di kawasan Krendang Tengah, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, yang juga menjadi lokasi utama produksi film Mendadak Caleg, saat pemilihan RW berlangsung. Tim produksi akan merekam suasana “demokrasi” itu pada Maret hingga Mei mendatang.

“Biasanya, pesta demokrasi itu juga diwarnai kegilaan, dari money politic sampai praktik perdukunan,” papar Adinda. “Dan ini menjadi potret peta politik kita yang sesungguhnya masih gagap akan demokrasi.”[]

1 komentar: