"The Jawara", Nominasi di Apresiasi Film Indonesia 2016

Film The Jawara karya Terrizqo Arief Sutansyah masuk nominasi dalam ajang Apresiasi Film Indonesia 2016 di Manado, Sulawesi Utara. Kepastian ini disampaikan pihak panitia melalui laman AFI 2016, Kamis (23/09).

"The Jawara masuk lima besar dalam kategori Apresiasi Kategori Film Dokumenter Pelajar/Mahasiswadan akan bertarung dengan empat film lainnya, Balaad of a Keeper, Ceritaku, Kami Hanya Menjalankan Perintah, Jenderal!, dan Thirty Five of Pleasure, untuk meraih award," jelas Direktur Eksekutif M-DOCS Adinda Assyfa Kamalia di Jakarta. "Buat kami, ini juga luar biasa dan prestasi membanggakan di pertengahan tahun ini. Semoga saja Dewi Fortune berpihak kepada kami."

Dikatakan Adinda, The Jawara adalah satu dari sejumlah film terbaru M-DOCS yang diikutsertakan pada ajang ini. "AlhamdulillahThe Jawara yang berkesempatan masuk lima besar," tuturnya lagi.

Seperti dilaporkan laman M-DOCS, Film The Jawara menuturkan potret seorang keturunan Jawara yang juga dididik menjadi Jawara. Ia adalah Endeng Hartana alias Bang Tanduk. Pekerjaan "resmi"nya adalah penjaga keamanan di sebuah pasar tradisional di Jakarta Barat. Pada waktu-waktu tertentu, ia meneruskan tradisi kejawaraannya dengan menjadi solusi bagi sejumlah orang. Pasiennya, dari pelacur hingga pedagang.

Bagi masyarakat modern, ia adalah minoritas. Dalam konteks Indonesia, sosok semacam Bang Tanduk menjadi tempat bergantung kecil, sehingga mereka memiliki harapan dan masa depan. Bang tanduk adalah sosok Jawara masa kini. 

Film The Jawara juga tengah berjuang di ajang 6th Annual iPhone Film Festival di Beverly Hills, Amerika Serikat, dan Second Asia International Youth Short-Film Exhibition di Beijing, Tiongkok. "Selain itu, The Jawara juga sudah tercatat di katalog Internet Movie Database (IMDb)," tambah Adinda.

Malam Anugerah Apresiasi Film Indonesia akan digelar di Grand Kawanua International Convention Center, Manado, Sulawesi Utara, 8 Oktober mendatang.[]


Info lainnya, kunjungi DOKUMENTASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar